Categories
Bisnis

Cara Cek Dan Pembayaran Tagihan BPJS Paling Praktis

Program BPJS sejak semula telah merencanakan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Namun bila telah terdaftar maka harus melakukan pembayaran tagihan BPJS  setiap bulan. Besaran biaya yang dibebankan pada peserta memiliki nilai yang bervariasi,sesuai kelas yang diambil. 

Ada tiga kelas dalam program kesehatan ini. Untuk peserta mandiri kelas 1 harus melakukan pembayaran Rp 150.000 /bulan. Sedang mandiri kelas 2 sebesar Rp 100.000 / bulan. Yang terakhir adalah kelas 3 dengan pembayaran senilai Rp 42.000/bulan. Bila tertunda maka akan berlaku denda sampai tagihan dilunasi. 

Pembayaran harus dilakukan secara rutin dengan batas waktu tanggal 10 tiap bulan.  Peserta BPJS berhak mendapatkan fasilitas scek kesehatan, rawat jalan dan rawat inap. Selain itu biaya pembelian obat atau darah juga ditanggung oleh BPJS. Sehingga tidak perlu lagi memikirkan tambahan biaya untuk pengobatan. 

Cara Cek Dan Pembayaran Tagihan BPJS 

Peserta BPJS wajib melakukan pembayaran tagihan BPJS setiap bulan. Salah satu cara untuk melakukan pembayaran rutin ini adalah dengan menggunakan fitur tambahan dari Bank SinarMas. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membayar BPJS.

tagihan BPJS
tagihan BPJS

Simobiplus 

Simobiplus merupakan aplikasi Mobile banking yang dapat digunakan melalui smartphone tiap nasabah bank. Adapun caranya adalah dengan mengunduh aplikasi ini pada PlayStore lantas sesuaikan dengan sistem operasi ponsel Anda. Bila telah terpasang, segera login ke dalam aplikasi. Bila mengalami kesulitan untuk masuk, Anda dapat mendaftar lewat cabang bank terdekat. 

Setelah berhasil masuk, Anda bisa melakukan membayar BPJS setelah klik menu pembayaran. Sebelumnya jangan lupa untuk memasukkan nomor peserta BPJS terlebih dulu. Setelah membayar maka otomatis saldo rekening Anda akan berkurang sesuai jumlah pembayaran. 

ATM

Cara pembayaran selanjutnya dengan menggunakan fasilitas ATM. Bank SinarMas telah memiliki banyak ATM yang tersebar pada berbagai daerah. Cara pembayaran BPJS menggunakan ATM sangat mudah. Cukup mendatangi mesin ATM lalu memasukkan kartu kemudian menekan pin Anda. 

Setelah itu masuk ke menu pembayaran dengan memasukkan nomor peserta BPJS yang berlaku. Pastikan nomor yang Anda masukkan telah benar, baru kemudian lakukan pembayaran. Nama peserta BPJS yang tertera juga harus benar nama Anda untuk menghindari kesalahan. 

Teller

Cara ini bisa dilakukan bila tempat tinggal Anda tidak jauh dari kantor cabang Bank. Anda cukup mendatangi kantor cabang lantas mengutarakan keperluan kepada teller. Langkah selanjutnya teller akan meminta nomor serta nama peserta. Dua hal ini harus sesuai dengan milik Anda. Setelahnya baru melakukan pembayaran. 

Kantor Pos

Namun bagi Anda yang berada pada lokasi yang cukup jauh dari Bank, bisa menggunakan kantor pos. Cara pembayarannya sama dengan cara pada kantor cabang bank. Cukup menghampiri teller kantor pos lantas memberikan nomor peserta dan nama. Lalu melakukan pembayaran sesuai tagihan bulanan. 

Kantor Cabang BPJS 

Cara terakhir untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan adalah dengan langsung ke kantor cabang BPJS. Cara ini sama praktisnya dengan cara-cara di atas. Anda bisa langsung menuju ke loket pembayaran setelah sebelumnya menunjukkan kartu peserta. Prosedur ini hanya akan membutuhkan waktu beberapa saat. 

Di antara beberapa cara pembayaran tagihan BPJS di atas, menggunakan Simobiplus adalah yang paling praktis. Tanpa harus melakukan pendaftaran atau antri beberapa lama setiap bulannya. Bagaimana dengan pengalaman Anda saat membayar BPJS? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *