Categories
Bisnis

Ini Dia Tips Memulai Kerja Sambil Kuliah

Saat ini cukup banyak mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki kerja sampingan di sela-sela kuliahnya. Karena ingin memiliki uang tambahan untuk membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan membayar uang kos. Kerja sambil kuliah adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang tambahan. Memang, hal itu mungkin akan menyita waktu Anda. Namun tidak mustahil untuk dilakukan. 

Ada juga Universitas yang cocok untuk mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki kerja sampingan. Jadi, bagi Anda yang berminat kerja sambil kuliah bisa melakukan beberapa cara ini sebagai langkah awal.  cara berikut ini tentunya  membantu  memudahkan anda melakukan  2 hal sekaligus yaitu kuliah dan bekerja. 

  1. Aturlah jadwal sehari-hari Mulai mengatur jadwal sehari-hari

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur waktu. Jika Anda dapat mengatur waktu, pastinya Anda bisa menyesuaikan dan mengerjakan kegiatan yang telah Anda susun. Tentunya Anda akan melakukannya dengan rapi. Dengan jadwal yang Anda buat, Anda bisa memiliki pedoman untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

  1. Mengurangi  waktu holiday

Bagi Anda para pemuda dan pemudi pastinya suka banget nongkrong kan? Apalagi sudah mendapatkan uang gajian. Pastinya ingin banget menghabiskan waktu Anda untuk nongkrong dan shopping bersama teman-teman Anda. Namun di saat Anda memutuskan untuk kuliah dan kerja maka, Anda harus berusaha hindari kebiasaan menghabiskan waktu kosong.

Namun bukan berarti tidak boleh melakukannya. Hanya saja berusaha untuk mengurangi dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Time is money. Liburan dan nongkrong bersama teman memang salah satu hal untuk bersantai.  Namun Anda harus mengurangi durasi nya. Agar kegiatan kuliah dan bekerja tidak terganggu. 

  1. Menetapkan prioritas setiap harinya. 

Buatlah daftar prioritas kegiatan yang dapat disesuaikan dengan deadline pekerjaan Anda. Pastinya Anda memiliki prioritas utama yang ingin Anda lakukan setiap harinya. Dengan melakukan hal tersebut, akan memberi keuntungan yaitu mempercepat pekerjaan Anda karena sudah mengetahui apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu. 

  1. Bos Anda harus tahu kalau Anda masih kuliah 

Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena yang namanya mahasiswa pastinya akan melakukan kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas. Dan pastinya Anda akan meminta izin kepada bos di tempat kerja Anda.  Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan misal kena pecat karena Anda sering izin, Maka bicarakan kepada Atasan Anda bahwa Anda masih kuliah namun ingin bekerja. Serta meminta izin libur jika ada kegiatan penting di kampus. Pada saat Anda melakukan siding skripsi misalnya. 

  1. Beristirahatlah di waktu senggang 

Anda pasti merasa lelah dan jenuh dengan kegiatan yang anda lakukan setiap hari. Gunakan waktu senggang anda untuk beristirahat. Tubuh anda juga memerlukan relaksasi agar tubuh bisa kembali fresh dan fit. Istirahat adalah salah satu cara mengembalikan semangat anda. Itulah sebabnya anda harus pintar memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat dengan maksimal. 

Itulah dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai hari pertama Anda bekerja. Jangan lupa pertimbangkan segala kemungkinan ketika Anda memutuskan untuk kerja sambil kuliah.

Khususnya ketika Anda mengambil kuliah di IDS Digital Collage. Kuliah di tempat ini menyediakan fasilitas untuk Anda yang juga bekerja, sehingga Anda bisa tetap kuliah sambil bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *