Categories
Kesehatan

Kiat Memperkenalkan MPASI Penambah Berat Badan

Bayi Anda perlu mulai makan makanan selain ASI atau susu bayi lain pada usia sekitar 6 bulan. Ini karena bayi Anda yang sedang tumbuh tidak lagi mendapatkan cukup zat besi, seng, dan energi dari ASI atau susu bayi. Bagaimanapun, ASI memiliki nutrisi penting untuk pertumbuhan dan harus dilanjutkan sampai 12 bulan dan seterusnya selama Anda dan bayi Anda inginkan.

Tujuannya agar pada usia 12 bulan bayi Anda akan makan berbagai macam makanan sehat bersama anggota keluarga lainnya. Namun, pada usia 6 bulan ke atas, si kecil bisa belajar makan MPASI penambah berat badan.

Makanan Apa yang Bisa Dimakan Si Kecil?

mpasi penambah berat badan
mpasi penambah berat badan

Penting bahwa makanan pertama yang Anda berikan kepada bayi Anda ini kaya akan zat besi. Ini termasuk sereal dengan tambahan zat besi misalnya MPASI penambah berat badan yang dipersembahkan oleh Cerelac.Setelah ini, mulailah menambahkan rangkaian buah, sayuran, biji-bijian / sereal, dan makanan olahan susu dalam urutan apapun yang sesuai untuk Anda dan bayi Anda.

Dianjurkan agar makanan pertama yang diberikan kepada bayi Anda dalam bentuk yang halus tapi tidak terlalu encer. Menambahkan ASI atau formula dapat membantu membuat makanan menjadi halus dan lembek.

Kiat Pemberian Makan Mulai Sekitar 6 Bulan

Semua bayi berbeda dan akan mulai makan makanan dalam urutan dan kecepatan berbeda yang sesuai untuk mereka. Berikut beberapa tip untuk membantu Anda mulai mengenalkan bayi Anda pada makanan pendamping:

  • Pilih waktu saat bayi Anda bahagia dan tenang. Anda harus memastikan bahwa diri Anda punya waktu khusus untuk fokus pada bayi Anda.
  • Mulailah dengan makanan bubur kaya zat besi seperti sereal dengan bahan dasar tepung beras.
  • Berikan 1 hingga 2 sendok teh makanan pertama setelah menyusu. Tingkatkan secara perlahan menjadi 2 hingga 3 sendok makan.
  • Mulailah menawarkan makanan pendamping sekali sehari dan perlahan-lahan tingkatkan hingga 3 kali sehari. Tawarkan lebih banyak makanan saat bayi Anda tumbuh.
  • Adalah normal bagi bayi untuk menolak makanan baru. Kadang-kadang dibutuhkan waktu 10 hingga 12 kali menawarkan makanan sebelum bayi menerimanya.
  • Bayi tahu kapan mereka merasa cukup dan mungkin memalingkan muka. Tawarkan makanan bayi Anda nanti dari pada memaksanya untuk terus makan.

Selain memperhatikan cara memberikan makanan untuk si kecil di atas, Anda juga harus memperhatikan produk yang Anda berikan. Dan MPASI penambah berat badan Cerelac dari Nestle adalah produk yang tepat. Karena di dalamnya terdapat semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk tumbuh dan berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *